Jumat, 03 Juli 2020

Kerajinan Batu Onix Khas Tulungagung

Kerajinan Batu Onix Unik Khas Tulungagung

Batu onix merupakan jenis batu yang terkenal dengan keindahan coraknya. Banyak kalangan yang memilih batu onix sebagai bahan untuk mempercantik desain hunian mereka.  Menggunakan batu onix untuk material pelapis lantai maupun dinding. Apalagi batu onix merupakan konduktor yang kurang baik sehingga batu onix tidak dapat menghantarkan panas. Hunian yang menggunakan batu onix sebagai pelengkap desain akan menghasilkan hunian yang sejuk dan nyaman. Sehingga batu onix menjadi opsi yang baik sebagai bahan pelengkap hunian yang terdapat pada iklim tropis.

Tidak hanya bermanfaat sebagai bahan material hunian, batu onix juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan kerajinan tangan atau biasa disebut dengan kerajinan batu onix. Ada beberapa kota di Indonesia yang memiliki tambang onix. Kota yang paling terkenal dengan kekayaan akan tambang onixnya adalah kota Tulungagung, Jawa Timur. Kota ini merupakan kota penghasil kerajinan batu onix yang cukup terkenal. Bahkan kerajinan batu onix dari Kota Tulungagung merambah pasaran  mancanegara. Tidak diragukan lagi bahwa kerajinan batu onix di Indonesia terutama yang berasal dari Kota Tulungagung memiliki kwalitas yang baik dan terpercaya. Pengerjaan dan hasil yang baik membuat kerajinan batu onix dari Tulungagung terkenal diberbagai belahan dunia. Sehingga batu onix menjadi ikon Kota Tulungagung.

Pengrajin batu onix mendapat bahan baku dari perbukitan yang terdapat tambang onix. Tambang onix di Tulungagung tersebar diberbagai daerah khususnya di Campurdarat, Besole, Besuki dan masih banyak lagi. Kerajinan batu onix menjadi sumber penghasilan untuk masyarakat di Kota Tulungagung karena batu onix memiliki potensi untuk dimanfaatkan pada berbagai hal.
Kerajinan batu onix yang terdapat di Kota Tulungagung digunakan sebagai hiasan rumah, souvenir atau perabotan rumah. Menggunakan berbagai produk barang dari kerajinan batu onix dapat mempercantik hunian karena batu onix memiliki motif atau corak yang beragam dan natural. Perabotan rumah berbahan batu onix yang sering dijumpai adalah vas, asbak, mangkuk, dan lain – lain. Hotel yang berkelas juga menggunakan batu onix untuk menghiasi kamar mandi mereka dengan menggunakan kerajinan batu onix berupa dispenser sabun, dispenser sampo, wastafel dan lain lain. Sehingga hal tersebut dapat menghasilkan nuansa hotel yang mewah dan berkelas.

Kerajnan batu onix merupakan opsi terbaik untuk mempercantik hunian atau desain rumah. Menggunakan kerajinan batu onix sebagai furnitur atau perabotan rumah memang akan membuat rumah atau hunian kalian lebih cantik, elegan, dan berkelas karena berbagai motif yang terdapat pada kerajinan batu onix yang kalian pakai. Harga kerajinan batu onix beragam sesuai dengan bahan atau pembuatannya. Mari memanfaatkan kerajinan batu onix sebagai hiasan hunian kalian sehingga menghasilkan rumah yang cantik dan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar